Abah Sam jadi Imam Tarawih

abah sam 2Abah Sam dari Tegalsiwalan memang suaranya kategori bagus dalam melantunkan ayat ayat suci. Banyak yang suka, untuk itulah pada hari pertama tarawih, Abah Sam di daulat warga sekitar untuk menjadi Imam Shalat Tarawih pada hari Pertama kemarin.

Lantunan suaranya memang bagus dan ma’mum nya sangat khusu’ melaksanakan shalat Tarawih. Setelah selesai melaksanakan shalat tarawih 20 raka’at dan witir 3 raka’at, Abah Sam kemudian menuju mimbar. Banyak orang mengira Abah Sam akan memberikan ceramah,  Kemudian dengan tenang dan berwibawa Abah Sam mengetuk micropone dan berbicara :

“Para bapak dan ibu ibu serta seluruh Jamaah yang saya muliakan dan saya hormati, saya harap bapak dan Ibu ibu sekalian setelah ini melaksanakan Shalat lagi ya …”

Para Jamaah terkejut, kaget dan bertanya tanya, tapi sebelum terlontar pertanyaan, Abah Sam dengan tenang melanjutkan :

“ karena setelah shalat Tarawih dan Witir tadi, saya baru ingat. Saya baru ingat kalau saya tadi belum berwudhu …. !” lanjut Abah Sam dengan kalem.

Sontak seluruh Jamaah terdiam, mesjid seketika sunyi ….

Semua membayangkan Mengulang Shalat  yang di total 27 Rakaat ….

Akan tetapi saya hanya terdiam, saya membayangkan kengerian yang amat sangat. Saya tidak mampu membayangkan seorang Imam di keroyok dan di Masa oleh ma'mumnya sendiri .....

Baca selengkapnya...

Abah Sam mau di bunuh di masjid Gending

 

 

abah sam

Abah Sam yang belum lama di Probolinggo itu memang seorang yang ta'at beragama, terlebih setelah sekian lama tinggal di Arab menjadi fedagang fulsa dan sodagar unta disana. Berpuluh tahun tinggal di Arab dan kemudian seminggu lalu dia pulang dan tinggal di Tegalsiwalan dan membuka kantin di SMKN 1 Gending.
Pada hari Jum'at kemarin, Abah Sam rencananya mau shalat Jum'at di Masjid dekat SMKN 1 Gending itu, akan tetapi ketika shalat hendak di mulai, ketika khotib sudah ke Mimbar, ta'mir membacakan pengumuman.

Baca selengkapnya...

Hati hati jangan mau upacara dengan Poilsi

 

 

poilsiUpacara bersama Poilsi, Posili, Poilis apa ..... POLISI ?
Tertulis di halaman depan, Tulisan besar mencolok, latar belakang merah dan ada pelajar berseragam merah merah tertulis : UPACARA BERSAMA POILSI ....
Gubrak ...., Poilsi .. ? Waduh Poilsi itu makhluk yang bagaimana ya ? Saya tanya ke Satpam SMKN 1 Gending malah di jawab begini :

  • "seumur umur jadi Satpam di SMKN 1 Gending, tak pernah saya dengar apa itu Poilsi. Kalau upacara bersama Polisi saya mau dan bahkan saya dilatih Oleh Polisi dari Kepolisian Negara RI, tapi kalau upacara dengan Poilsi ya emoh ! ."
Baca selengkapnya...

Emas bukanlah segalanya

robo 2

Tentu anda pernah mendengar suatu pepatah, peribahasa atau seseorang yang  menyatakan “diam adalah emas” atau “silent is golden”. Anggapan tentang sikap “diam” adalah sifat yang terpuji dan tak ternilai. Tetapi apakah benar? sepertinya itu tidaklah sepenuhnya benar, apalagi menyangkut emas, Emas?

Seolah-olah emas adalah sesuatu yang hebat, luar biasa dan tidak ternilai. Memang benar emas mempunyai nilai lebih jika dibandingkan dengan logam lain

Baca selengkapnya...

Pancasila Abah Sam, guru baru di SMKN 1 Gending

 

 

abah sam 2

Abah Sam asal Tulungagung lama tinggal di Saudi Arabia menjadi guru SMK Negeri Arab dan penjual fulsa dan juga saudagar unta, tatkala memutuskan kembali ke Indonesia, Abah Sam memilih tinggal di Tegalsiwalan, Probolinggo. Ketika hendak mengurus KTP,  Abah Sam tersinggung kepada petugas Kecamatan. Ia merasa dianggap tidak lagi hapal Pancasila oleh pegawai Negara itu.

Baca selengkapnya...