Abah Sam mau di bunuh di masjid Gending

 

 

abah sam

Abah Sam yang belum lama di Probolinggo itu memang seorang yang ta'at beragama, terlebih setelah sekian lama tinggal di Arab menjadi fedagang fulsa dan sodagar unta disana. Berpuluh tahun tinggal di Arab dan kemudian seminggu lalu dia pulang dan tinggal di Tegalsiwalan dan membuka kantin di SMKN 1 Gending.
Pada hari Jum'at kemarin, Abah Sam rencananya mau shalat Jum'at di Masjid dekat SMKN 1 Gending itu, akan tetapi ketika shalat hendak di mulai, ketika khotib sudah ke Mimbar, ta'mir membacakan pengumuman. Serentak Abah Sam berdiri, kaget seperti tersambar halilintar, wajahnya pucat pasi dan gemetar, Seketika langsung keluar masjid lari terbirit- birit lupa sandal, lari bagai di kejar algojo secepat kilat pulang dan sembunyi di dapur rumahnya.
Melihat itu Nyai Dini terheran heran, melihat Abah Sam yang gemetar dan pucat pasi.

Kemudian Nyai Dini bertanya : " Lho kenapa Bah, kok ora Jum'atan ?" Kata Nyai Dini dalam bahasa Jawa ..
"Gak, emoh !" begitu jawab Abah dengan bahasa Jawa berlogat Arab
"Lho kenafa " Tanya nyai Dini
"Lha yok opo kate Jumatan, Takmir kurang ajar, aku arep e di pateni ! "
"Lho salahe opo kok di fateni" Sela Nyai Dini
"Lho mosok katene Jumatan takmir ngumum no nek sing duwe HaPe kudu di pateni.... !, Lha aku lak duwe Hape ta ? timbangane aku di pateni wong sak masjid nang Gending aku yo mlayu ae, sesuk aku tak mbalik nang Arab ae jarno gak di pateni !"
"Mosok goro-goro duwe HaPe ae aku kate di pateni, ..... Eala ... wong ndeso !"

Baca selengkapnya...

Hati hati jangan mau upacara dengan Poilsi

 

 

poilsiUpacara bersama Poilsi, Posili, Poilis apa ..... POLISI ?
Tertulis di halaman depan, Tulisan besar mencolok, latar belakang merah dan ada pelajar berseragam merah merah tertulis : UPACARA BERSAMA POILSI ....
Gubrak ...., Poilsi .. ? Waduh Poilsi itu makhluk yang bagaimana ya ? Saya tanya ke Satpam SMKN 1 Gending malah di jawab begini :

  • "seumur umur jadi Satpam di SMKN 1 Gending, tak pernah saya dengar apa itu Poilsi. Kalau upacara bersama Polisi saya mau dan bahkan saya dilatih Oleh Polisi dari Kepolisian Negara RI, tapi kalau upacara dengan Poilsi ya emoh ! ."
Baca selengkapnya...

Emas bukanlah segalanya

robo 2

Tentu anda pernah mendengar suatu pepatah, peribahasa atau seseorang yang  menyatakan “diam adalah emas” atau “silent is golden”. Anggapan tentang sikap “diam” adalah sifat yang terpuji dan tak ternilai. Tetapi apakah benar? sepertinya itu tidaklah sepenuhnya benar, apalagi menyangkut emas, Emas?

Seolah-olah emas adalah sesuatu yang hebat, luar biasa dan tidak ternilai. Memang benar emas mempunyai nilai lebih jika dibandingkan dengan logam lain

Baca selengkapnya...

Pancasila Abah Sam, guru baru di SMKN 1 Gending

 

 

abah sam 2

Abah Sam asal Tulungagung lama tinggal di Saudi Arabia menjadi guru SMK Negeri Arab dan penjual fulsa dan juga saudagar unta, tatkala memutuskan kembali ke Indonesia, Abah Sam memilih tinggal di Tegalsiwalan, Probolinggo. Ketika hendak mengurus KTP,  Abah Sam tersinggung kepada petugas Kecamatan. Ia merasa dianggap tidak lagi hapal Pancasila oleh pegawai Negara itu.

Baca selengkapnya...

Akal pasti sehat

 

 

akalAda rasa heran, terkadang kagum, dan bahkan takjub melihat berbagai kecenderungan manusia sekarang, terutama dalam hubungannya dengan apa yang mereka sebut ‘akal sehat.’ Misalnya, kalau memang tidak benar-benar mau bekerjasama dengan Tuhan, kenapa tidak kita resmikan saja penghapusan sila pertama Pancasila. Saya tidak keberatan negara ini tak bertuhan, sebab memang tak ada kewajiban bagi negara untuk bertuhan. Yang ditagih oleh Tuhan kelak bukan negara, tapi manusia.

Monggo tidak bertuhan. Asalkan menjalani hidup dengan kesungguhan. Kalau demokrasi omongannya, ya demokrasi kelakuannya.

Baca selengkapnya...